SPS BUAH HATI BUNDA Margomulyo Mewakili Seyegan Lomba Paud Desa Unggulan

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Buah Hati Bunda yang berlokasi di dusun Jamblangan Kalurahan Margomulyo Seyegan, mengikuti Lomba PAUD Desa Unggulan tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sleman.
PAUD yang berdiri pada tahun 2014 ini diberi kepercayaan untuk mewakili Kapanewon Seyegan yang pada tahun ini menunjuk Kalurahan Margomulyo.
Penilaian lomba yang dilaksanakan di PAUD Buah Hati Bunda dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Pebruari 2021 jam 08.30 sampai selesai. Bertindak sebagai anggota dewan juri adalah unsur dari PKK dan Dinas Pendidikan.
Antun Suratmi, S.Pd, Penilik Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang mendampingi lomba tersebut mengatakan bahwa Lomba PAUD inii merupakan kegiatan rutin dari Dinas Pendidikan, dengan harapan secara tidak langsung ada pembinaan kepada PAUD dan mengetahui secara langsung sarana dan prasarana yang dimiliki. Antun juga menambahkan selain lembaga PAUD yang dilombakan, ada jiga lomba untuk pendidik dan pengelolanya.

Ary Retnowati, kepala PAUD Buah Hati Bunda mengatakan tentang persiapan yang termasuk mendadak dalam menghadapi penjurian. Dalam lomba PAUD tersebut ada dua belas komponen yang dinilai dan masuk dalam instrumen Desa Unggulan. Adapun 12 komponen tersebut adalah :
1. Organisasi dan Manajemen
2. Sarana Pendidikan
3. Sarana Pembelajaran
4. Peserta Didik
5. Pendidik/Kader
6. Pengelola
7. Pengelompokkan Anak
8. Pembiayaan
9. Peran Masyarakat
10. Administrasi
11. Program Belajar
12. Evaluasi

Ary menambahkan di masa pandemi ini, kegiatan belajar dilaksanakan secara daring, sehingga kegiatan parenting tidak berjalan.
Ketua komite PAUD Buah Hati Bunda, Sutarto Agus Raharjo, menyampaikan bahwa pasca pandemi nanti kegiatan belajar juga akan diarahkan ke kegiatan parenting dan untuk anak didik akan dibekali dengan kegiatan pengelolaan sampah.
Pembentukan karakter anak dalam kepedulian pada sampah harus ditanamkan semenjak usia dini. Bahkan dijajagi pula pembayaran SPP anak didik bisa dibayar dengan sampah. PAUD bisa bekerja sama dengan Bank Sampah terdekat.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Asih Sulastri, dari pengurus Himpaudi Seyegan.
Banyak sekali masukan yang diberikan oleh dewan juri, kaitan dengan administrasi maupun sarana dan prasarana yang dimiliki PAUD.
Hadir pula sebagai pendamping pada saat itu adalah ibu lurah yang juga adalah Ketua Penggerak PKK Kalurahan Margomulyo.
Menurut rencana hasil lomba PAUD ini akan diumumkan tanggal 22 Pebruari 2021.
Penjurian berakhir setelah dewan juri yang terdiri dari 6 orang tersebut, melihat sarana Phil yang dimiliki oleh PAUD Buah Hati Bunda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*