SOSIALISASI PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM DI DESA MARGOMULYO, KECAMATAN SEYEGAN

Senin, (27/7) bertempat di Balai Desa Margomulyo, diadakan kegiatan sosialisasi Rencana pengadaan tanah bagi kepentingan umum untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.
Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Pemerintah Daerah DIY. Menghadirkan sejumlah pejabat yang tergabung sebagai Tim Persiapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan membuat dokumen perencanaan pengadaan tanah.

Sosialisasi dibuka oleh R Budi Pramono, SIP, MSi selaku Camat Seyegan yang menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan kegiatan awal dari tahap persiapan yang menghadirkan langsung nara sumber yang dapat dipercaya.
Pembangunan jalan tol yang selama ini masih menjadi pertanyaan dari sebagian warga yang terdampak mendapat jawaban langsung dari pejabat yang berwenang.
Drs. Krido Supraptono, SE, MSi, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Pemda DIY yang juga adalah Sekretaris Tim Persiapan menambahkan bahwa Tahap Persiapan ini akan melaksanakan 4 kegiatan yaitu sosialisasi, pendataan awal, konsultasi publik dan penetapan lokasi pembangunan.
Untuk itu diawal kegiatan persiapan ini sebagai undangan adalah kecamatan. perangkat desa, tokoh dan warga masyarajat dari pedusunan yang terdampak. Meskipun tidak seluruh warga terdampak dihadirkan, paling tidak tokoh masyarakat dapat menyampaikan hasil sosialisasi ke masyarakat yang lebih luas.
Ditambahkan oleh Sekretaris Tim Persiapan bahwa pemberitahuan rencana pembangunan dapat dilaksanakan secara langsung dengan sosialisasi tatap muka atau surat pemberitahuan secara tidak langsung melalui media cetak dan elektronik.

Secara teknis dalam sosialisasi tersebut disampaijan oleh Heru Purnomo, SH , Pemegang Peraturan Perundang-undangan pada Kanwil Kementrian Hukum dan HAM DIY yang memberikan gambaran data Teknis Jalan Tol.
Untuk Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen melewati 3 Kecamatan, 7 Desa dengan panjang kurang lebih 7.65 km.
Wilayah Kecamatan Seyegan meliputi 3 desa yaitu : Desa Margomulyo, Margodadi dan Margokaton. Untuk Desa Margomulyo sendiri meliputi 106 bidang tanah dengan perkiraan luas 26,681 m2.
Adapun skema Tahapan Persiapan sendiri adalah Tim Persiapan Desa dengan Kades sebagai korlap akan mendatangi warga yang berhak untuk pemberkasan sebagai pendataan awal.
Sedangkan dari BPN sendiri nengingatkan kepala warga yang terdampak untuk mempersiapkan legalitas yang akan ditangani oleh Satgas A. Untuk tahap persiapan ini pemberkasan yang dilakukan adalah warga terdampak menyerahkan foto copy KK, KTP dan bukti pemilikan tanah atau sertifikat.

Forum dilanjutkan dengan tanya jawab dengan audiense, yang intinya tentang ganti rugi, sertifikat yang belum balik nama, gambar teknis melalui foto satelit dan rencana lokasi penimbunan tanah.
Secara keseluruhan sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar, dan ditambahkan oleh Tim Persiapan bahwa kedepannya masih ada 6 kali pertemuan lagi yang diharapkan banyak lagi pertanyaan yang sifatnya teknis kepada tim. 30 hari kedepan akan dilaksanakan konsultasi publik sekaligus persiapan berkas oleh warga yang berhak.
Sosialisasi yang dimulai jam 10.00 itu diakhiri pukul 13.00. Dan menurut rencana, kegiatan yang sama akan dilaksanakan besuk dan lusa untuk Desa Margodadi dan Margokaton

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*