Sinkronisasi Pemetaan Batas Wilayah Segmen Kecamatan Sleman (Desa Caturharjo) dengan Kecamatan Seyegan (Desa Margomulyo)

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman, pada hari ini, Kamis 13 Agustus 2020 mengadakan kegiatan tinjau lokasi dalam rangka sinkronisasi pemetaan batas wilayah segmen Kecamatan Sleman dan Kecamatan Seyegan.
Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama lintas sektor terkait. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kantor Pertanahan, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sleman dan Tenaga Pemetaan.
Sedangkan dari pihak wilayah sasaran kegiatan tersebut, hadir staf Pemerintahan Kecamatan Seyegan, Kasi Pemerintahan Desa Margomulyo dan staf Desa Caturharjo.

Batas wilayah kedua Kecamatan Sleman dan Seyegan terletak pada dua titik lokasi di dusun Sawahan Margomulyo. Di kedua lokasi tersebut, tim mengadakan pengecekan dengan dasar peta wilayah kedua desa tersebut.
Menurut Shinta, staf Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sleman, kegiatan sinkronisasi pemetaan batas wilayah ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman untuk memastikan batas wilayah yang sebenarnya, mengingat dalam perkembangan di lapangan, memungkinkan bergesernya patok batas wilayah yang disebabkan oleh kegiatan masyarakat.

Disamping itu tidak semua batas wilayah berupa parit ataupun jalan. Tidak sedikit batas wilayah tersebut berupa persil sawah/pekarangan milik pribadi. Sehingga dasar pemetaan wilayah adalah peta desa dari kedua wilayah yang berdampingan.
Bilamana terjadi pergeseran tanah yang tidak sesuai dengan peta desa yang ada maka harus ada kesepakatan dengan pihak terkait yang merasa dirugikan, demikian tambahan dari bu Shinta.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pengecekan pilar batas Kecamatan. Oleh tim, hasil tinjauan di lapangan ini akan dipresentasikan didepan perwakilan dari wilayah segmen yang menjadi obyek sekaligus dibuat berita acara yang nantinya menjadi dasar dari surat yang dibuat oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang kepada pemangku wilayah segmen.
Kegiatan tinjauan lokasi di dua titik yang dimulai pukul 10.00 tersebut, berakhir pada pukul 12.00 wib

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*