Rembug Warga Tahunan BKM “WARGA MULIA” Tahun 2020 Kalurahan Margomulyo

Tutup Buku tahun 2020 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) “Warga Mulia” Kalurahan Margomulyo Kapanewon Seyegan digelar pada hari Minggu (28/2) di Ruang Pertemuan Kalurahan Margomulyo.

Dihadiri anggota BKM, Pengurus inti, Kepala Dusun, Lurah, Ketua BPD, Babinkantibmas juga undangan dari Faskel Margomulyo dan Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Seyegan. Rapat Umum Anggota ini dimulai tepat pukul 13.00 dengan protokol Kesehatan.

Sebagai ucapan selamat datang, Pengurus Inti BKM, Parindi menyampaikan bahwa Rapat Umum Anggota ini merupakan kewajiban atau kekuasaan tertinggi dari anggota karena merupakan bentuk pertanggung-jawaban kegiatan dan keuangan dari pengurus kepada anggota BKM. Parindi juga menyampaikan bahwa Rembug Warga Tahunan ini tidak memakan waktu lama dikarenakan masih dalam suasana covid 19 dan dalam mematuhi 5 M.

Suhardjono, BA, Lurah Margomulyo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada BKM yang dalam masa pandemik di tahun 2020 masih mempunyai laba dalam kegiatan simpan pinjamnya. Bahkan BKM dapat memberi santunan sembako kepada beberapa warga kurang mampu. Suhardjono juga mengucapkan selamat kepada pengurus BKM yang terdiri dari 18 orang yang dapat bekerjasama dengan baik  sehingga dapat melaksanakan Rapat Umum Anggota yang merupakan LPJ tahun 2020.

Hj. Siti Baroroh, S.IP, SH, Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Seyegan yang mewakili Panewu menyampaikan bahwa BKM yang mempunyai tanggung-jawab mengelola dana pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat pada tahun 2020 yang lalu tidak melaksanakan banyak kegiatan karena tidak ada dana yang masuk. Artinya selama tahun 2020 tidak ada dana dari pemerintah, baik dari Dinas maupun dari Kapanewon. Hal ini disebabkan karena semua dana pemerintah dialokasikan untuk penanganan covid 19.

Siti juga menambahkan bahwa dari Laporan BKM, dalam kegiatan Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) menempatkan Gondangan Rt 06/14 yang masuk dalam wilayah Dukuh Kregolan sebagai Kawasan Terkumuh. Untuk itu Siti berharap Gondangan diajukan oleh Kalurahan untuk mewakili Margomulyo dalam Lomba Kebersihan Lingkungan tahun 2021 dengan tujuan supaya Gondangan berbenah dengan kondisi lingkungannya.

Siti menyiinggung juga tentang Musyawarah Dusun (Musdus) yang merupakan kegiatan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meraih Dana Desa, BKK ataupun Danais. Dana BKK tidak hanya diperuntukkan untuk kegiatan fisik melainkan bisa juga untuk kegiatan Pelatihan dan pengadaan alat.

Dengan angka kemiskinan 13.08 % menempatkan Seyegan sebagai Kapanewon Termiskin se Kabupaten Sleman. Untuk itu peningkatan SDM lebih diprioritaskan untuk meraih sumber dana yang ada, demikian ditambahkan Siti.

Acara Rapat Umum Anggota dibuka dengan pembacaan Tata Tertib Rapat Umum Anggota dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung-jawaban BKM tahun 2020 yang disampaikan oleh Koordinator BKM,      Drs. Suwandi. Dalam LPJ nya Suwandi menyampaikan bahwa tahun 2020 tidak mengelola dana dari pemerintah artinya BKM hanya melanjutkan kegiatan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yaitu melakukan penggalian data baseline 100-0-100 yang berdasarkan indikator yang telah ditetapkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat {PUPR).

Sebagai Rencana Program Kerja BKM “Warga Mulia” tahun 2021, antara lain penagihan ke KSM bermasalah, penyempurnaan data buku dan data dinding BKM, membantu pelaksanaan Program Kotaku 100-0-100 dan mendorong terbentuknya KSM -KSM baru.

Gatot Nur Prasetyo, Faskel Teknik Kalurahan Margomulyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk Program Kotaku, DI Yogyakarta termasuk satu dari lima Propinsi yang tidak mendapat dana dari pemerintah.

Dari Kementrian PUPR dalam pelaksanaan pembangunan fisik dengan sistem CFW (Cash For Work) atau Padat Karya Tunai, dengan syarat tidak boleh membeli barang baru, dan alokasi tenaga kerja yang lebih besar dari pembelian alat kerja. Sehingga kegiatan yang dapat difasilitasi dengan sistem ini adalah kegiatan rehab ringan sampai sedang.

Sebagai bagian akhir adalah tanya jawab dengan peserta Rapat Umum Anggota dan sebagai bukti Laporan Pertanggungjawaban BKM tahun 2020 diterima oleh anggota BKM adalah penandatangan dokumen LPJ oleh Lurah, Ketua BPD, Koordinator BKM dan wakil dari anggota yang hadir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*