Rakor Gugus Paud I Seyegan Bahas Proker 3 Tahunan

Bertempat di TK ABA Margomulyo I, pada hari Jumat 28 Mei 2021, Gugus PAUD I Kapanewon Seyegan mengundang Komite, pengurus dan anggota Gugus Paud I untuk mengadakan pertemuan sekaligus membahas Program Kerja 3 tahunan masing masing Pokja.
Pertemuan sendiri dimaksudkan untuk persiapan Lomba Apresiasi Gugus tingkat Kabupaten. Dalam Lomba tersebut, gugus Paud I diwakili oleh 3 lembaga yaitu TK ABA Margomulyo I ( Gugus Inti), KB Aisyiyah Margoluwih (PAUD Imbas I) dan SPS Buah Hati Bunda Margomulyo (PAUD Imbas II). Adapun rencana kunjungan Juri lomba Apresiasi tersebut adalah pada hari Kamis 8 Juli 2021.

Mushlihah, S. Pd, Ketua Gugus PAUD I Seyegan dalam paparannya menyampaikan bahwa Program Kerja 3 Tahunan yang telah disusun masih memerlukan pencermatan, masukan dan diharapkan nanti program kerjanya lebih operasional dan realistis.
Mushlihah menyampaikan bahwa dalam proker tersebut dibagi dalam 7 bidang yaitu Pengelolaan Manajemen, Pengembangan Gugus Paud, Pokja Kurikulum, Pokja Peningkatan Kompetensi, Pokja Teknologi Informasi, Pokja Kewirausahaan dan Evaluasi – Pelaporan.
Untuk Pokja Kompetensi sendiri nasih dibagi dua yaitu Kompetensi Pendidik yang terdiri dari kompetensi paedogogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Sedangkan kompetensi yang kedua adalah kompetensi pengelola yang terdiri dari kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi supervisi.

Pada kesempatan itu, digunakan oleh Gugus Paud I untuk memperkenalkan pengurus Komite Gugus Paud I yang terbentuk 1 bulan yang lalu. Sutarto Agus Raharjo yang dipilih menjadi Ketua Komite selain merperkenalkan anggota pengurusnya juga secara resmi menerima SK yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Gugus PAUD I No. 04/G.PAUD I/III/ 2021 tentang Pembentukan Forum Komite Gugus Paud I. Adapun komite Gugus ini untuk kepengurusan periode 2021/2023.
Sutarto juga menambahkan bahwa program kerja tahunan komite gugus, dibuat seramping mungkin dan lebih ditekankan pada implementasi kegiatan yang menunjang Gugus Paud sendiri. Ditambahkan juga peran orang tua wali murid dalam kegiatan parenting perlu difasilitasi mengingat dalam Proker Gugus Paud I ada kompetensi kewirausahaan.
Tidak luput, Sutarto juga menyoroti tentang kegiatan inovasi yang sudah mulai dirintis oleh Gugus Paud I yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan dan lingkar perut bagi pendidik se wilayah gugus Paud I, meskipun baru kategori kegiatan posbindu pratama, kedepannya bisa ditingkatkan dengan pemeriksaan penyakit tidak menular lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*