Proklim Sosial Geografis Cibuk Kidul Menuju Verifikasi Proklim Tingkat Kabupaten

Program Kampung Iklim (Proklim) Cibuk Kidul tidak hanya bertujuan melestarikan lingkungan agar suasana dusun tetap terjaga keasriannya, agar udara tetap sejuk dan nyaman, namun juga menciptakan iklim kekeluargaan dan tolong menolong yang kental.
Demikian kesan yang ditampilkan oleh Dusun Cibuk Kidul dalam menanggapi Tim verifikasi Proklim Kabupaten Sleman pada hari Rabu, 23 Juni 2021.

Acara yang dilaksanakan di rumah Dukuh Cibuk Kidul itu dihadiri oleh Kapanewon Seyegan, perangkat kalurahan Margoluwih, perwakilan dari Kelompok Masyarakat Cibuk Kidul, dan pendamping dari PPL Seyegan.
Adapun Tim verifikasi lintas sektor yang hadir yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK), BAPPEDA Dinas Kesehatan, dan Dinas Pertanian.
Siti Baroroh, S.IP, SH, Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon yang mewakili Panewu Seyegan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dusun Cibuk Kidul telah siap menanggapi tim verifikasi proklim dengan menampilkan potensi yang ada tanpa polesan artinya cibuk kidul tampil apa adanya.

Arif Wibowo yang mewakili Tim Verifikasi menyampaikan bahwa verifikasi ini adalah kegiatan dalam rangka memberi apresiasi kepada masyarakat dalam upayanya mengelola lingkungan. Jadi verifikasi yang dilaksanakan bukanlah lomba, begitu Arif menandaskan.
Arif juga menambahkan, ada 3 aspek dalam kegiatan verifikasi tersebut yaitu adaptasi, mitigasi dan dukungan masyarakat. Secara garis besar Arif mencontohkan kegiatan dari masing masing aspek. Yang masuk dalam aspek adaptasi misalnya adalah konservasi, penanfaatan lahan, penampungan air hujan, pemakaian pupuk organik dll.
Sedangkan aspek mitigasi, yang dicontohkan adalah pengelolaan sampah, pembuatan biogas, pemanfaatan energi matahari, pemanfaatan sungai untuk energi terbarukan dll.

Sasmiyati, M.Pd, yang mempresentasikan kegiatan proklim Cibuk Kidul memberikan gambaran kepada Tim Verifikasi bahwa Cibuk Kidul sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam aspek proklim.
Sasmiyati menjelaskan kegiatan dalam program pengelolaan lingkungan dusun Cibuk Kidul dari kegiatan shodaqoh sampah, pembuatan kerajinan dari sampah, pembuatan rumah bibit, penggunaan agensia hayati, kegiatan mina padi dan mina kalen, pemantauan jentik dan pembuatan serta pemanfaatan tanaman obat.
Sasmiyati juga menambahkan dukungan berkekanjutan dari kelompok masyarakat yang sudah lama terbentuk yaitu kelompok tani catur taruna, kelompok pengelola sampah Ngudi Lestari, KWT Karya Manunggal, kelompok asuhan mandiri Toga dan akupresur, kader jumantik, posyandu dan kelompok pengajian gubuk Singa (Sinau dan Ngaji).
Setelah menerima penjelasan dari presentasi yang disajikan, tim verifikasi melakukan peninjauan lapangan untuk melihat dan diskusi tentang program yang dilaksanakan berkaitan dengan proklim.

Dibagian akhir, tim verifikasi memberikan pesan dan kesan terhadap upaya pengelolaan lingkungan di dusun cibuk kidul.
Mustika Dewi mewakili tim memberikan pesan dan kesan bahwa kegiatan Proklim.ini adalah upaya untuk pembiasaan dalam pengelolaan lingkungan, kegiatan ini harapannya tidak disulap kalau akan kedatangan tamu saja. Dewi mengatakan bahwa potensi alam dan sumber daya manusianya sangat mendukung sehingga bisa dijadikan modal untuk membangun.
Adapun pesan yang disampaikan oleh tim adalah perlunya hemat energi/ listrik, pemanfaatan sampah organik dan upaya untuk mengurangi sampah plastik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*