Penetapan DPS Pemilihan Lurah Margomulyo Tahun 2021

Hari ini, senin 31 Mei 2021, Panitia Pemilihan Lurah tingkat Kalurahan Margomulyo Seyegan telah melaksanakan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Lurah ( Pilur) Margomulyo tahun 2021.
Rapat panitia yang dihadiri oleh seluruh anggota yang berjumlah 11 orang tersebut berlangsung di ruang pertemuan Balai Kalurahan berjalan lancar.

Penetapan DPS tersebut tertuang dalam Berita Acara No. 01/PAN. PILUR. MM/ 2021 tentang Penetapan Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Lurah Margomulyo, Tahun 2021.
Mulyono, S.Pd, M.Si, selaku Ketua Panitia Pilur akhirnya mempersilahkan semua anggota panitia pilur untuk membubuhkan tanda tangan ditempat yang telah disediakan sebagai pengesahan DPS yang telah ditetapkan.
Dalam rapat tersebut, Mulyono menyampaikan bahwa penetapan DPS itu merupakan acara tunggal, tetapi mengingat jadwal pendaftaran calon Lurah yang semakin mendekat, maka agenda jadwal Pilur dijadikan bahan diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, Rini Sapta Wadani, S.Si, Sekretaris Pilur menyampaikan juga bahwa dari DPS yang telah ditetapkan tersebut ada 10 orang yang NIK nya ganda. Untuk itu nanti perlu dilakukan revisi nama dan NIK mana yang dipakai. Secara keseluruhan NIK ganda tersebut tidak mempengaruhi DPS.
Lebih lanjut Rini menyampaikan bahwa jumlah DPS sebanyak 9.548 jiwa yang terdiri dari laki laki sejumlah 4 667 jiwa dan wanita sejumlah 4.881 jiwa, masih memerlukan pencermatan dan masih memungkinkan untuk berubah. Sehingga pada tanggal 2 – 4 Juni 2021 dilakukan kegiatan yang menampung segala usulan, saran ataupun perbaikan DPS dari masyarakat dan pencatatan data pemilih tambahan.
Untuk itu, DPS yang telah ditetapkan tersebut akan dipasang atau ditempel di TPS yang tersebar di seluruh padukuhan. Pada pilur ini, jumlah TPS yang ada di Kalurahan Margomulyo mengacu pada pelaksanaan Pilkada beberapa waktu lalu yaitu berjumlah 25 TPS yang tersebar di 13 Padukuhan.
Rini juga menambahkan bahwa pengumuman Daftar Pemilih Tambahan dan perbaikan DPS akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Juni 2021.

Ditempat yang sama, Irfan Susanto, anggota Panitia Pilur mengingatkan bahwa mulai tanggal 7-27 Juni 2021 adalah waktu penjaringan (pendaftaran) bakal calon Lurah sehingga dijadwalkan mulai tanggal 1 Juni 2021 sudah dilakukan pemasangan spanduk/ banner tentang Pilur yang berisi tentang syarat syarat pendaftaran Pilur, waktu dan tempat pendaftarannya.
Disepakati pada rapat tersebut tempat pemasangan spanduk/banner di tempat strategis yaitu Balai Kalurahan, Dusun Mriyan, Dusun Kamal Wetan, Dusun Gerjen dan perempatan Seyegan.
Diakhir rapat, Mulyono mengajak segenap panitia untuk bersikap netral dan tetap ” on the Track” dalam proses pilur sehingga pelaksanaan pilur bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*