Pembelajaran Anak Dimasa Pandemi, Guru Harus Kreatif dan Inovatif

Bertempat di TK Bhakti PKK I Dusun Jamblangan Desa Margomulyo Seyegan, Sabtu, 3 April 2021 diadakan pertemuan Komite Gugus PAUD l Seyegan.

Pertemuan yang dihadiri oleh Pengurus Gugus PAUD l, perwakilan Komite, Pendidik dari TK, KB dan SPS.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk perkenalan dengan Pengurus baru Gugus PAUD l yang belum lama terbentuk sekaligus dari undangan yang hadir akan dipilih Ketua Komite Gugus PAUD l secara musyawarah mufakat.

Acara dimoderatori oleh ketua Pokja Kurikulum, Nur Hidayati, S.Pd AUD, yang terlebih dahulu memperkenalkan ketua Gugus PAUD l yang baru yaitu Mushlihah, S.Pd. Dalam sambutannya, Mushlihah menyampaikan bahwa Gugus PAUD l ini terdiri dari 8 lembaga yaitu 4 TK dan 4 SPS (Satuan Paud Sejenis). Di Kapanewon Seyegan sendiri ada 5 Gugus, yang mana Gugus  PAUD l meliputi wilayah Desa Margomulyo dan Margoluwih.

Selanjutnya Mushlihah menyampaikan visi misi Gugus PAUD l. Visi nya sendiri adalah membentuk PKG (Penilaian Kinerja Guru) PAUD dan Gugus PAUD yang unggul dan berbudaya. Sedangkan misinya antara lain : memfasilitasi kegiatan peningkatan kompetensi  pendidik dan kreativitas serta membentuk Karakter pendidik sesuai budaya daerah/lokal.

Mushlihah juga menyampaikan tujuan dari Gugus PAUD l yaitu Pendidik yang miliki kreativitas, inovatif yang tinggi, pendidik yang cerdas dan berakhlak mulia, pendidik yang menguasai Teknologi dan Informasi, pendidik yang trampil dalam kewirausahaan dan pendidik yang berkarakter sosial budaya daerah/lokal.

Pada kesempatan itu, Mushlihah memimpin untuk musyawarah pemilihan ketua Komite  Gugus PAUD l dan terpilih secara mufakat, Sutarto Agus Raharjo yang mewakili Komite SPS Buah Hati Bunda.

Acara dilanjutkan dengan diskusi termasuk tentang program kerja dari gugus yaitu pelatihan Teknologi Informasi yang secara detail dijelaskan antara lain pelatian aplikasi Zoom, pembuatan video kinemaster, twibon, canvas untuk nendukung pembelajaran anak di masa pandemi. Hal ini dirasa perlu dan mendesak mengingat kita tidak tahu pandemi berakhir sehingga tetap dipersiapkan pembelajaran jarak jauh.

Yang menarik lagi adalah peningkatan kemampuan kewirausahaan, diharapkan pelatihan ini tidak hanya dilakukan kepada pendidik tapi juga kepada orang tua siswa sebagai bagian dari kegiatan parenting.

Dibagian akhir, Mushlihah menyampaikan bahwa 3 lembaga akan mengikuti lomba apresiasi mewakili Gugus l yaitu TK ABA Margomulyo l sebagai TK Inti, KB Aisyiah Barak sebagai IMBAS dan SPS Buah Hati Bunda Jamblangan sebagai IMBAS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*