Pelatihan Dekorasi Manten bagi Pemuda Margodadi

Bertempat di balai Kalurahan Margodadi Seyegan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman nengadakan pelatihan Dekorasi Manten bagi pemuda. Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Kamis 20 Mei , Jum’at 21 Mei dan diakhiri hari Senin 24 Mei 2021 ini diikuti oleh 25 peserta dari perwakilan Karang Taruna dusun dusun yang ada di Kalurahan Margodadi.

Pelatihan secara resmi dibuka oleh R. Budi Pramono, SIP, MSi selaku Panewu Seyegan, yang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan ini merupakan usulan dari bawah yang diusulkan dalam Musrenbang Kapanewon dalam kegiatan PUPM (Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat) sehingga dasarnya adalah kebutuhan. Ini artinya dengan kegiatan yang diusulkan tersebut bagaimana kita mengasah jiwa kewirausahaan sehingga pasca pelatihan diharapkan ada tumbuh jiwa entrepreneur untuk memasuki dunia industri. Budi juga mengingatkan bahwa secara sosial, ketrampilan yang telah dipunyai bisa bermanfaat bagi orang lain.
Sementara itu, Drs. Agung Armawanta, MT, Kepala Dispora Kabupaten Sleman dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menjadi profesional orang tidak harus menguasai banyak hal, tapi cukup satu atau dua hal tapi dikuasai dengan baik. Agung juga berharap setelah pelatihan ini, peserta bisa menularkan ilmu yang telah diperoleh kepada orang lain.

Pelatihan dekorasi manten ini menghadirkan dua nara sumber dari penyuluh Kantor Kemenag Kabupaten Sleman yaitu Marsaid, S.Ag, M.Pd.H dan Wayan Putu Sari, STP, MP.
Adapun materi yang disampaikan dalam 3 hari pelatihan adalah mengenal macam macam Dekorasi Manten dan selebihnya adalah praktek membuat penjor, pajegan, kembar Mayang dan Tarub.
Disela sela pembuatan dekorasi manten, nara sumber juga memberikan filosofi pada dekorasi yang dibuat. Secara keseluruhan pelatihan dekorasi manten ini merupakan upaya untuk mengangkat tradisi seni budaya lokal menjadi potensi ekonomi.

Harapannya setelah pelatihan berakhir, pemuda Margodadi dapat meningkatkan kemampuannya untuk membuat Event organizer (EO) dengan fasilitasi dari Kalurahan.
Pada bagian akhir pelatihan, nara sumber memberikan evaluasi terhadap peserta yang dinilai sangat cekatan dan berbakat dengan ditunjukkan dengan hasil karya yang cukup baik dan penuh kreasi.
Akhirnya pelatihan ditutup dengan membuat dekorasi manten secara komplit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*