Pelantikan Pengurus Perhimpunan Petani Kopyor Nusantara Kabupaten Sleman di Seyegan

“Menuju satu juta hektar”, demikian slogan Perhimpunan Petani Kopyor Nusantara (PPKN) Kabupaten Sleman yang mengadakan pelantikan pengurus pada hari Jum’at, 4 Juni 2021 di Resto Iir-ilir Margoagung, Seyegan.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memajukan dan mengembangkan pembudidayaan kelapa kopyor ini dihadiri oleh pengurus PPKN Pusat, ketua dan anggota Gapoktan, perwakilan Bumdes, dan aktivis Pertanian.
Dalam acara tersebut, Ketua Umum PPKN Pusat, Antok Joyo memberikan Surat Keputusan No. 003/SK/VI/PPKN/2021 tentang Pengangkatan Kepengurusan DPD PPKN Kabupaten Sleman.

Dalam pengarahannya, Antok mengatakan bahwa pelantikan pengurus ini dipandang perlu untuk perluasan jaringan di setiap kota dan kabupaten. Hal ini didasari juga oleh keputusan munas I PPKN No. 001/MUNAS/V/PPKN/2021 tentang kepengurusan anggota di setiap Kota/ Kabupaten.
Dari hasil musyawarah mufakat, akhirnya secara aklamasi menunjuk pengurus DPD PPKN Kabupaten Sleman yaitu :
Ketua. : Drs. Muh. Latif, M.AP
Sekretaris. : Maryono, ST
Bendahara : Dra. Pinardianti
Antok menambahkan, bahwa kepengurusan yang terbentuk akan diberi kewenangan dan tanggung jawab dalam pembudidayaan kelapa kopyor di daerah setempat.
Disamping itu, Antok mengingatkan bahwa setiap anggota kepengurusan mematuhi 7 komitmen pengurus PPKN, ketujuh komitmen tersebut, adalah setia Indonesia, setia memberdayakan rakyat pribumi, setia melayani rakyat dengan ikhlas, setia dengan visi PPKN, Setia dengan teman seperjuangan, setia menuju rakyat pribumi berjaya. Dan setia dengan cita tanpa batas.

Setelah pelantikan, ada penjelasan teknis dati tim PPKN Pusat, mengenai pemilihan bibit yang dijelaskan ada 2 jenis bibit yaitu genjah generatif dan kultur Jaringan. Mengingat bibit kultur jaringan terlalu mahal, sehingga yang dipilih adalah bibit genjah generatif.
Pola kemitraan yang dipilih adalah empowering atau pemberdayaan masyarakat. Dijelaskan pula manfaat dari kelapa kopyor sebagai detoksifikasi, memperkuat rahim, menambah stamina dan bahan kecantikan.
Kedepannya permintaan akan kelapa kopyor ini akan selalu meningkat sehingga perlu dicanangkan slogan i juta hektar lahan sebagai faktor pendorong mengingat nilai ekonomi yang tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat. Sedangkan di seluruh Indonesia sekarang baru meliputi 62 hektar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*