Pekerjaan Cor Blok Program PSU di Kalurahan Margomulyo dimulai

Berlokasi di Dusun Jingin , Kalurahan Margomulyo, Kapanewon Seyegan, penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Utilitas Umum Permukiman (PSU) telah dimulai
Pekerjaan cor blok di wilayah RT 5 RW 25 tersebut dijadwalkan memakan waktu 20 hari kerja dengan sistim padat karya dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Sebelum kegiatan dimulai, oleh konsultan pengadaan barang dan jasa telah dimobilisasi material yang berupa split, pasir dan semen yang akan digunakan untuk membangun ruas jalan Jingin sepanjang 510 meter dan lebar 3 meter.
Dalam persiapannya, Suwono, Dukuh Jingin telah mengadakan sosialisasi kepada tokoh masyarakat tentang teknis pelaksanaan kegiatan. Dalam Rapat yang dihadiri oleh ulu ulu dan ketua LPMK Kalurahan Margomulyo tersebut dicapai beberapa kesepakatan yaitu jumlah tukang dan pembantu tukang sebanyak 20 orang sesuai dengan RAB, untuk konsumsi pekerja dibebankan kepada warga yang mempunyai sawah disepanjang ruas jalan yang terbangun.

Pada kesempatan itu , Suwono juga melaporkan jumlah material yang telah dikirim berdasarkan kwitansi yang diterima. Adapun kekurangannya melalui ketua LPMK akan dilaporkan dan dimintakan kepada Konsultan penyedia barang dan jasa
Pelaksanaan kegiatan cor blok dimulai pada hari Senin, 16 Agustus 2021 dengan agenda mobilisasi material. Adapun sebelumnya selama beberapa hari, masyarakat Dusun Jingin melaksanakan kerja bakti untuk penyiapan lokasi dengan kegiatan membersihkan rumput dan parit. Kontribusi masyarakat terhadap kegiatan PSU ini cukup besar, mengingat jalan yang akan di cor blok tersebut merupakan jalan utama yang menunjang kegiatan pertanian.

Diharapkan dalam minggu ini sudah mencapai 30 % pekerjaan sehingga selesai sesuai jadwal.
Adapun sedikit hambatan yang terjadi adalah mobilisasi material yang lambat, terutama untuk pasir dan kayu begesting.

Menurut Hendra, selaku konsultan Pendamping, akan menanyakan kepada konsultan tentang kekurangan material di lapangan. Demikian juga masalah HOK baru visa ditransfer bila pekerjaan sudah mencapai 30% .
Hendra juga berpesan untuk mengambil gambar/foto progres kegiatan dari 0 % sampai 50% hingga nanti 100%. Pekerjaan sendiri dimulai dari titik nol yang merupakan perbatasan dusun Jamblangan dan Dusun Jingin.
Adapun untuk pengajuan HOK, dilampiri daftar hadir 20 pekerja dan foto copy KTP.
Sebagai kegiatan monitoring, peninjauan lapangan dilakukan oleh Dukuh, ulu ulu, konsultan pendamping dan Ketua LPMK

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*