Panitia yang Profesional Harapan BPKal untuk Pilur Margomulyo

Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Margomulyo membentuk Panitia Pemilihan Lurah Margomulyo pada hari Jum’at 19 Matet 2021 pukul 20 00 wib di Gedung Pertemuan Kalurahan Margomulyo.
Dengan menghadirkan sejumlah Pamong Kalurahan, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, dan Tokoh Masyarakat, pertemuan juga dihadiri dari staf Jawatan Pemerintahan Kapanewon, Babinsa/Babinkamtibmas, Kalurahan Margomulyo.

Dalam sambutannya, Suhardjono BA, Lurah Margomulyo menyampaikan panitia Pemilihan Lurah (Pilur) ini dibentuk 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Lurah yang lama dan dalam Perbup atau Perda juga telah ditentukan jumlah panitia sebanyak 11 orang dengan komposisi 3 dari pamong Kalurahan, 4 dari unsur Lembaga Kalurahan dan 4 dari Tokoh Masyarakat.
Suhardjono menghimbau, siapapun yang terpilih menjadi panitia Pilur untuk bersedia dan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal) Margomulyo, Sarjono, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tugas pembentukan Panitia Pilur adalah BPKal, dan mengharapkan Panitia yang terbentuk dan dikukuhkan dapat bekerja dengan profesional dan bertanggung jawab. Panitia sendiri mulai bekerja mulai tanggal ditetapkan sampai dengan 22 Agustus 2021.
Adapun dasar dari pelaksanaan Pilur sendiri tertuang dalam Perda no 18/2019 tentang Tata cara Pemilihan dan Pemberhentian Lurah.
Menyinggung soal tugas panitia, Sarjono memberi gambaran bahwa panitia setelah pelantikan akan dilakukan Bimtek sebagai bekal untuk melaksanakan tugas kepanitiaan, mulai dari menentukan Tata tertib Pilur, merencanakan dan mengajukan biaya pelaksanaan ke Bupati melalui Panewu sampai dengan menentukan bakal calon yang memenuhi syarat.
Dibagian akhir, Sarjono menyampaikan selamat bekerja kepada panitia yang nantinya terpilih dan berharap Pilur bisa berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada masalah.

Marjono, staf jawatan Pemerintahan Kapanewon Seyegan yang mewakili Panewu, menyampaikan bahwa BPKal Margomulyo dapat memilih Panitia Pilur yang mau bekerja dan tanggung jawab, mengingat pelaksanaan Pilur Saat ini dengan cara elektronik/e voting. Diperlukan panitia yang sedikit banyak memahami IT untuk mendukung pelaksanaan teknis di lapangan. Marjono juga berpesan, karena pelaksanaan Pilur masih dalam suasana pandemi covid 19, maka pelaksanaannya juga dengan protokol Kesehatan yang ketat. Pesan untuk Panitia terpilih, nantinya supaya dapat melaksanakan tahapan tahapan pemilihan dengan sebaik baiknya.

Pada acara inti pembentukan Panitia Pilur, langsung dipandu oleh Supriyadi, SH anggota BPKal Margomulyo. Dalam pengantarnya, Supriyadi menyampaikan tentang masa akhir jabatan Lurah Margomulyo yaitu tanggal 15 September 2021 dan prosedur pembentukan panitia Pilur juga sudah dilalui sehingga bisa dilaksanakan kegiatan saat itu.
Secara teknis, BPKal Margomulyo sudah menyiapkan semua dasar hukum yang mendasari pelaksanaan Pilur, meskipun nantinya Panitia Pilur mendapat Bimtek, namun sudah disiapkan pula segala hal kaitannya dengan regulasi Pilur itu sendiri.
Dalam kesempatan itu, Supriyadi memberikan alternatif dalam pemilihan Panitia Pilur kepada peserta rapat yaitu alternatif pertama peserta menyetujui nama nama yang sudah diseleksi oleh BPKal dari 3 unsur sebagaimana yang tertuang dalan Perda. Atau alternatif yang kedua, secara langsung menunjuk peserta yang hadir untuk duduk dalam kepanitiaan.

Peserta yang berjumlah kurang lebih 50 orang tersebut akhirnya menyepakati alternatif yang pertama.
Akhirnya dengan sah, Panitia Pilur Kalurahan Margomulyo terbentuk yaitu
1. Mulyono, S.Pd /Tomas (Ketua)
2. Rini Sapta W, S.Si/Pamong (Sekret)
3. Drs. Sutanto/Pamong (Anggota)
4. Irvan Susanto, S.Pd/Pamong
5. Rini Sulisyawati/LKK
6. Purwatmo, S.Pd/Tomas
7. Pristiana Hakim S/LKK
8. Jemiran, S.Pd/Tomas
9. Mawardi/LKK
10. Purwadi, S.Pd/Tomas
11. Sutarto Agus Raharjo, ST/LKK
BPKal juga menetapkan anggota sekretariat Pilur tang terdiri dari 3 staf kalurahan yaitu Agus Purwanto, Sigit dan Adi.
Setelah penetapan panitia Pilur dilanjutkan penandatanganan berita acara sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) Panitia Pilur Margomulyo dari ketua BPKal kepada Mulyono selaku Ketua Pilur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*