Muskal RKPKal Tahun 2022 Margomulyo dengan Kegiatan Prioritas

Bertempat di aula Balai kalurahan, Musyawarah Kalurahan (Muskal) Margomulyo digelar ditengah PPKM level 4 yang masih menjadi status wilayah Kapanewon Seyegan.
Acara yang digelar pada hari Senin (6/9/2021) pukul 19.30 wib tersebut, dihadiri oleh Sukamto, SH, Ramelan, Suharyono (Anggota DPRD Kabupaten Sleman), Alhalik, S.Sos, M.T (Dinas PMK Kabupaten Sleman), Ageng Wijaya, S.H (Kapanewon Seyegan), Babinsa/Babinkantibmas, Pamong Kalurahan Margomulyo, Anggota Bamuskal Margomulyo, Lembaga Kalurahan dan tokoh masyarakat tersebut berlangsung dengan prokes ketat.

Dibuka dengan sambutan dari ketua Muskal, Supriyati, SH yang menyampaikan bahwa muskal ini merupakan kegiatan rutin yang diamanahkan oleh Mendagri, sehingga menjadi tugas dari Bamuskal untuk menyelenggarakannya. Sedangkan Plt Lurah, Irvan Susanto menggaris bawahi tentang maksud tujuan muskal yaitu pembahasan kegiatan rutin, isedental ataupun kegiatan pusat yang tertuang dalam draft Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kalurahan.

Sarjono, ketua Bamuskal Margomulyo menyampaikan bahwa rencana kegiatan tertuang dalam program peningkatan ekonomi masyarakat. Adapun pekerjaan fisik dilaksanakan dengan sistem padat karya. Ageng Wijaya, yang mewakili Panewu Seyegan mengingatkan bahwa covid belum selesai, sehingga untuk antisipasinya, kapanewon Seyegan menggelar vaksinasi sebanyak banyaknya. Untuk penanganan covid ini, pamong hendaknya mengikuti petunjuk dari pemerintah pusat.

Sedangkan Sukamto yang mewakili anggota Dewan yang hadir menyampaikan bahwa penyusunan RKP ini merupakan dasar RPJM dan pada tahun 2022 disusun dengan sistem prioritas. Sukamto juga berjanji untuk membantu melalui dana aspirasi (BKK) yang dituangkan dalam bentuk proposal.

Adapun pengarahan RKP secara detail disampaikan oleh Alhalik, selaku Kepala Bidang Administrasi, Keuangan dan Aset kalurahan Dinas PMK Kabupaten Sleman.
Dalam pengarahannya, Alhalik mengatakan bahwa penyusunan RKP Kal merupakan pencermatan RPJM Kal yang berakhir tahun 2021. Pencermatan kegiatan dimulai dari tahun 2015 sampai tahun 2021, meskipun pada tahun 2020 dan 2021 banyak kegiatan yang tidak dilaksanakan.

Pada tahun 2022 diprioritaskan RPJM untuk Lurah baru mengingat pada tahun 2021 ini Margomulyo melaksanakan Pilihan Lurah. Ini artinya output dari RKP dimungkinkan oleh lurah baru akan dievaluasi. Perubahan RPJM akan disesuaikan dengan visi misi dan akan dikoreksi untuk ditetapkan pada bulan Februari 2022.
Alhalik juga menambahkan bahwa alokasi Dana Desa pada tahun 2022 adalah untuk kegiatan prioritas yaitu pemulihan ekonomi, penanganan stunting, bencana dan covid 19. Sedangkan yang tidak prioritas dialokasikan dari dana BKK baik dari propinsi maupun kabupaten. Diingat juga bahwa pada tahun 2021 ini, Margomulyo juga ditetapkan sebagai Kalurahan bersinar yaitu Kalurahan Bersih Narkoba.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan draft RKP oleh Ketua Muskal dan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab dengan peserta musyawarah. Pada bagian akhir dilanjutkan dengan acara penanda tanganan berita acara muskal oleh perwakilan peserta musyawarah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*