Musdes Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2021, Desa Margomulyo

Bertempat di Ruang Rapat pertemuan Balai Desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, hari Jum’at 7 Agustus 2020 diadakan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun Anggaran 2021.
Acara ini diikuti oleh Pemerintah Desa dan Staf, anggota BPD, Lembaga Desa, Ketua RW, Tokoh Masyarakat dan sebagai undangan adalah Dinas PMD Kabupaten Sleman, Anggota DPRD Dapil Seyegan, Camat dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Seyegan, Babinsa/Babinkantibmas Desa Margomulyo.
Acara dimulai pukul 20.00 dengan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan sambutan.

Ketua Panitia Musdes, Supriyadi, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya Musdes sebagaimana biasanya adalah pencermatan terhadap program kerja dari desa yang merupakan breakdown dari RPJMDes periode tahun 2016-2021 yang merupakan visi-misi Kepala Desa.
Lebih lanjut, Suhardjono, BA, Kades Margomulyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencermatan RKPDes malam itu adalah untuk melihat kesiapan program kerja tahun 2021, tidak membicarakan anggaran/keuangan. Dan diingatkan juga oleh Kades bahwa di tahun 2021 mendatang ada kegiatan pemilihan dukuh dan pemilihan Kepala Desa.
Sarjono, Ketua BPD Desa Margomulyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada Musdes ini ada agenda yang dilaksanakan, yaitu Pencermatan RKPDes tahun 2021, Pembentukan Tim Verifikasi dan Kesepakatan RKTL tahun 2021.
R. Budi Pramono, SIP, MSi, Camat Kecamatan Seyegan menyampaikan pengarahannya bahwa pada tahun 2021 masih seperti tahun 2020, pemerintah desa maupun Kecamatan masih dihadapkan pada persoalan penanganan covid 19 sehingga perencanaan dapat menjawab persoalan yang dihadapi dan dituntaskan di tahun 2021.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa perencanaan harus berorientasi pada kebutuhan (prioritas), perencanaan dilakukan secara serius dengan model bottom up planning.
Marzuki, dari Dinas PMD Kabupaten Sleman dalam pengarahannya mengatakan bahwa penyusunan RKPDes ini secara signifikan untuk kemajuan masyarakat Margomulyo sehingga rencana kerja 2021 ini sesuai daftar usulan desa yang diusulkan di Kabupaten, Propinsi maupun Pusat.
Mazuki juga mengingatkan bahwa kegiatan yang direncanakan mengoptimalkan penanganan pandemi covid 19 sehingga pemulihan kondisi tersebut sangat mewarnai RKPDes.
Dari anggota DPRD Kabupaten Sleman yang hadir, Ramelan menyampaikan bahwasanya Dewan siap mengawal program kerja Desa Margomulyo dengan dasar kebutuhan yang sesuai dengan kondisi untuk penanganan covid 19. Adapun kebutuhan prioritas diutamakan untuk pemulihan ekonomi.
Setelah sambutan dan pengarahan dilakukan musyawarah yaitu pencermatan terhadap rencana kerja desa di tahun 2021.

Banyak masukan dari peserta musdes kaitannya dengan kegiatan investasi yang masih dominan dibanding dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk penanganan covid 19. Belum adanya kegiatan yang berbasis lingkungan juga menjadi pencermatan dari peserta musdes.
Selain itu ada masukan juga untuk kegiatan ekowisata yang direncanakan pengelolaannya diharapkan oleh Bumdes. Tidak sedikit juga yang menanyakan tentang peran musyawarah dusun sebagai bahan dari musdes.
Dalam kesempatan tersebut kaur ataupun kasi penanggung jawab program berkenan untuk menanggapi dan menjadi catatan untuk revisi atau penyesuaian terhadap kesepakatan rencana kerjanya.
Secara keseluruhan musyawarah berjalan dengan baik. Diakhir musdes dilakukan penandatanganan berita acara musdes oleh perwakilan peserta dan penunjukkan tim verifikasi RKPDes yang dibagi per bidang/program dan segera berkoordinasi dengan penanggung jawab program untuk verifikasi kegiatan.
Acara musdes ditutup dengan lagu Bagimu Negri pada pukul 23.10 wib.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*