MUSDES KHUSUS PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK BLT-DD TAHUN 2020 DESA MARGOMULYO

Bertempat di Balai Desa Margomulyo, Minggu 3 Mei 2020 pukul 19.30 dilaksanakan Musyawarah Desa Khusus dalam rangka penggunaan Dana Desa untuk BLT-DD.
Hadir dalam musyawarah desa yang diprakarsai oleh BPD Desa Margomulyo tersebut : Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Sleman, aparat Kecamatan Seyegan, Lembaga Desa (RT/RW, PKK, KARANG TARUNA dan LPMD), Babinsa-Babinkantibmas, anggota BPD dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut disampaikan beberapa sambutan, yang pertama dari, baoak Sarjono selaku Ketua BPD Desa Margomulyo menyampaikan bahwa pengaruh covid 19 berdampak pada semua aspek di masyarakat, termasuk dampak ekonomi sehingga perlu langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasinya dengan memberikan BLT Dana desa. Untuk itu perlu kiranya data warga yang terdampak covid 19.
Ageng Wijaya, SH, Kasi Pemerintahan kecamatan Seyegan yang mewakili camat, menggaris-bawahi bahwa BLT-DD ini merupakan instrumen terakhir untuk menolong warga terdampak. Untuk itu jangan sampai salah sasaran dan terjadi over lap dengan bantuan serupa yang ada di masyarakat.

Sedangkan Sigit Praptomo, ST dari Tenaga Ahli Pendamping Desa lebih menyoroti tentang mekanisme pengajuan data warga terdampak, hasil dari data yang diusulkan menjadi tanggung jawab peserta musdes. Di APBDes sendiri terjadi perubahan alokasi anggaran yang semula di bidang II dan III, akan diprioritaskan di bidang V.

Sedangkan Bapak Suhardjono, BA selaku Kades Desa Margomulyo melaporkan tentang langkah langkah yang telah dilakukan dalam penanganan covid 19 dari pemberian APD ke masyarakat sampai pemberian jatah hidup bagi warga yang isolasi mandiri (4 orang). Berkaitan dengan data warga terdampak mohon pencermatannya untuk dilakukan validasi, verifikasi dan finalisasi mengingat banyaknya jenis bantuan yang ada di masyarakat.

Musdes sendiri dipimpin oleh Prasetyo Wijanarko, Kasi Pelayanan Desa Margomulyo dengan menjelaskan tentang dasar hukum yaitu Permen Desa PDTT no. 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDDT no. 11 Tahun 2019 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.
Ditambahkan pula tentang sasaran penerima BLT DD, mekanisme pendataan, metode perhitungan dan jangka waktu serta besaran BLT-DD.

Dari hasil diskusi peserta musdes akhirnya didapat beberapa langkah langkah konkrit :
1. DD Desa Margomulyo lebih dari 1,2 M sehingga mengambil prosentase yang terbesar yaitu 35 %
2. Jumlah dana BLT disepakati Rp 603.913.800,00
3. Besaran BLT DD Rp 600.000,00 per bulan per keluarga diberikan selama 3 bulan sejak April 2020.
4. Disepakati jumlah penerima BLT DD per dusun 25 KK.
Hari senin ini finalisasi warga penerima BLT DD akan dikirim ke Dinas Sosial melalui Dinas PMD Kabupaten Sleman untuk dilakukan skrining.
Musdes berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 22.00 wib

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*