EVALUASI KWT DI WILAYAH KECAMATAN SEYEGAN OLEH TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN SLEMAN

Nandur opo sing dipangan
Mangan opo sing ditandur
Turah didol

Slogan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Sleman demikian terkenal di masa pandemi. Slogan itu juga digaungkan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman yang hari Rabu 22 Juli 2020 mengadakan evaluasi KWT di wilayah Kecamatan Seyegan.
Sebanyak 4 KWT di 4 Desa dikunjungi Tim Penggerak PKK yang dipimpin oleh ibu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo. Keempat KWT tersebut adalah :
1. KWT Mekar, dusun Jamblangan, Desa Margomulyo.
2. KWT Makmur Lestari, dusun Somorai, Desa Margoagung.
3. KWT Ngudi Rahayu, dusun Ngaran, Desa Margokaton
4. KWT Karya Manunggal, dusun Cibuk Kidul, Desa Margoluwih.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 dengan mengunjungi KWT Mekar , Dusun Jamblangan dilanjutkan di dusun Somorai dengan evaluasi KWT Makmur Lestari, kemudian dilanjutkan ke KWT Ngudi Rahayu, dusun Ngaran dan terakhir mengunjungi KWT Karya Manunggal, dusun Cibuk Kidul.
Tim Penggerak PKK pada kesempatan kali ini didampingi oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sleman.
Hadir dalam kegiatan tersebut, camat Seyegan dan jajarannya, Kepala UPTD BP4 Wilayah lll Kecamatan Seyegan dan jajarannya, Pemerintahan Desa, kepala Dusun, Anggota KWT, Babinsa/Babinkantibmas dan Ketua KIM Kecamatan Seyegan.

Dalam program “Ibu Menyapa” kali ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman menekankan peran KWT dimasa pandemi covid 19 maupun secara umum menempatkan KWT sebagai bagian dari upaya Kabupaten Sleman dalam mempertahankan status lumbung padi DIY. Tanah pertanian yang subur, sumber mata air yang bersih merupakan aset yang harus dilestarikan.
Untuk itu, ibu Dra. H. Kustini mengajak kepada seluruh anggota untuk dapat memanfaatkan lahan ataupun perkarangan rumah untuk budi daya tanaman sayuran, tanaman buah, tanaman hias dan tanaman obat sekaligus pemenuhan protein keluarga dengan budi daya ikan.

Sebagai bentuk apresiasi kepada KWT, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan telah memfasilitasi sarana yang dibutuhkan KWT seperti pemberian pupuk, bibit dan media tanam.
Sebagai bentuk penyemangat bagi KWT yang kegiatannya mengalami pasang surut tersebut, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman mengadakan evaluasi kepada KWT yang ada di selaruh wilayah kabupaten. Harapannya dengan adanya reward kepada KWT, dapat memacu kembali kegiatan Kelompok Wanita Tani ini di tingkat dusun.
Dalam kegiatan evaluasi tersebut, Tim Penggerak PKK didampingi tim juri yang terdiri dari dinas terkait, praktisi dan pemerhati masalah pertanian.

Banyak yang didapat dalam kegiatan ini, Tim dapat melihat inovasi yang ditampilkan oleh KWT, dari hasil pemanfaatan lahan sendiri, pembuatan makanan olahan sampai memadukan pemanfaatan lahan dengan ekowisata seperti mina kalen yang dikelola oleh KWT Karya Manunggal, Cibuk Kudul Desa Margoluwih.
Secara keseluruhan dengan adanya kegiatan KWT ini diharapkan ketahanan pangan keluarga dapat lebih meningkat.

Diakhir kunjungan dimasing masing KWT, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman memberikan bantuan berupa budik damber (budidaya ikan dalam ember) atau mina sayur, polyback, pupuk dan bibit tanaman sayuran. Kegiatan lapangan tersebut berakhir pada pukul 13.30

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*