Desa Margokaton Melaksanakan Musdes Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Musyawarah Desa (Musdes) Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu adalah musyawarah yang diselenggarakan oleh BPD untuk Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu yaitu Kepala Desa yang mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa karena berhenti dengan sisa masa jabatan lebih dari 1 (satu) tahun.

Desa Margokaton menyelenggarakan musdes ini karena Kepala Desa Margokaton, Drs. Moh Nawazi meninggal dunia pada tanggal 26 Desember 2019, sedangkan masa jabatan beliau sampai dengan 15 September 2021 sehingga sisa masa jabatan masih 21 bulan.

Sejak meninggalnya Kepala Desa Margokaton, melalui SK Bupati diangkat Sekretaris Camat Seyegan, Djoko Muljanto, SP. sebagai Penjabat (Pj.) Kepala Desa Margokaton yang masa jabatannya berakhir sampai dengan ditetapkan Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu.

Proses pelaksanaan musdes Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu berlangsung dengan lancar mulai dari pembentukan panitia, penjaringan, penyaringan dan penentuan bakal calon dan calon Kepala Desa Antar Waktu. Bakal calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebagai Kepala Desa Antar Waktu sebanyak 5 (lima) orang yang selanjutnya oleh panitia dilakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria pengalaman kerja di lembaga pemerintahan desa, tingkat pendidikan dan usia. Dan akhirnya ditetapkan 3 (tiga) orang calon Kepala Desa Antar Waktu pada tanggal 4 Maret 2020 sehari sebelum pelaksanaan musdes.

Musdes yang dilaksanakan Kamis, 05 Maret 2020 melibatkan unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, perwakilan kelompok tani, kelompok generasi muda, perajin, perempuan, pemerhati dan perlindungan anak, masyarakat miskin, disabilitas atau masyarakat lain sesuai kondisi sosial budaya setempat.

Musdes yang dipimpin Ketua BPD Margokaton dilaksanakan dengan pemungutan suara untuk memilih satu dari tiga calon. Tiga calon tersebut antara lain:

1. Anggit Bimanyu, SP

2. Sutejo R., SH

3. Syaifudin, S.Hum

Dan diperoleh suara terbanyak pada calon no 2 (Sutejo R., SH) yang selanjutnya panitia melaporkan hasil musdes kepada BPD dan mengesahkan Calon Kepala Desa Antar Waktu terpilih. Melaporkan kepada Bupati, yang kemudian Bupati menerbitkan Keputusan pengesahan Calon Kepala Desa Antar Waktu dan melantik.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*