BUMDes USAHA MULIA Margomulyo Menjajagi Program Kemitraan Budidaya Lobster Air Tawar

BUMDes Usaha Mulia Kalurahan Margomulyo Seyegan, menjajagi program unggulan Patnership budidaya lobster air tawar yang ditawarkan oleh PT. Bibit Alam Sampoerna dengan mengadakan sosialisasi pada hari Jum’at, 19 Pebruari 2021 di Balai Kalurahan Margomulyo.
Hadir pada acara sosialisasi yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut selain pengurus Bumdes adalah pelaku usaha perikanan dan perangkat kalurahan.

Adi Handoyo, marketing PT. BA SAMPOERNA, dalam presentasinya mengenalkan tentang jenis jenis lobster air tawar, karakteristik, siklus perkembangan, kategori ukuran, kapasitas telur yang dihasilkan indukan, warna telur dari minggu ke minggu dan pakan lobster air tawar.
Adapun paket program kemitraan yang ditawarkan ada dua yaitu program cetak bibit lobster dan program pembesaran. Adi juga menjelaskan bahwa kedua paket kemitraan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan kualitas unggul.

Periode kemitraan selama 1 tahun dengan asumsi 4 jali panen dengan sistem bagi hasil panen.
Fasilitas yang didapatkan pada program kemitraan cetak bibit adalah media budidaya, kebutuhan lobster, tenaga ahli pendamping dan garansi 100 % untung.
Pada kesempatan itu juga langsung dilakukan tanya jawab dengan peserta yang notabenenya adalah pelaku budidaya perikanan kaitan dengan teknis budidaya dan syarat serta sistem program kemitraan.
Ditambahkan oleh Adi, bahwa untuk menjadi mitra tani binaan bisa dilakukan secara kelompok atau perorangan. Adapun biaya per paket program sebesar Rp 2.000 000,- (dua juta rupiah) dan untuk paket cetak bibit, mitra tani akan mendapatkan 100 ekor bibit lobster, kolam terpal, air rator, pump filter, pakan dan nutrisi. Untuk menjadi anggota dikenai biaya administrasi sebesar Rp 300.000,-. Calon mitra juga menandatangani kesepakatan kerjasama dengan bibitlobster.com kontrak selama 1 tahun bermaterai dan dinotariskan untuk memastikan bahwa program kemitraan bibitlobster.com benar benar profesional dan legal.

Keuntungan yang didapatkan selaku mitra tani binaan adalah mitra mendapatkan kepastian pembagian hasil panen setiap 3 bulan sekali selama masa kontrak ( 4 jali panen) sebesar Rp 420.000,- per 3 bulan.
Perusahaan juga memberi garansi 100% untung artinya segala resiko perusahaan yang menanggung, 100% garansi kematian, 100% udang kembali.
Dibagian akhir, Sutarto Agus Raharjo, Direktur Bumdes Usaha Mulia yang mengundang kegiatan sosialisasi ini, mengharapkan pelaku budidaya untuk menyambut positif dengan adanya program
kemitraan tersebut dan berharap ada dua kelompok yang masing masing mengambil satu paket program, baik program cetak bibit maupun program pembesaran lobster.
Sutarto juga berharap dari marketing perusahaan untuk bersedia hadir sosialisasi di kelompok perikanan yang membutuhkan info kemitraan tersebut.

Perusahaan yang berkantor di Kediri dan mempunyai visi kesejahteraan mitra dengan mengedepankan tujuan meraih kesuksesan dalam konteks kebersamaan itu mengakhiri sosialisasinya tepat pukul 11.00.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*