Pengimbasan Materi Bimtek BDR oleh HIMPAUDI Kapanewon Seyegan

Bertempat di aula lantai 2 Kantor Kapanewon Seyegan, hari Sabtu 17 Oktober 2020, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kapanewon Seyegan mengadakan pengimbasan materi Bimtek BDR (Belajar Dari Rumah).
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang telah diberikan kepada 6 perwakilan bunda PAUD dalam Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat PAUD Kemendikbud yang bertajuk Bimtek Guru PAUD Belajar Di Rumah – Daring.

Kegiatan diawali sambutan dari Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Seyegan, Subagyo Rahayu, S.Pd yang memberikan pengarahan tentang strategi yang diterapkan pada Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi. Bimtek yang dilakukan oleh perwakilan Bunda Paud merupakan bekal yang perlu disebar-luaskan kepada bunda-bunda Paud yang lain. Untuk itu diminta untuk perwakilan yang hadir sebagai peserta untuk berbagi ilmu juga dengan bunda Paud di tempat masing masing, demikian tambah Subagyo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengimbasan materi yang disampaikan oleh 6 bunda yang mengikuti Bimtek BDR beberapa waktu kalu. Adapun materi materi yang diberikan adalah :
– Penilaian Perkembangan anak selama Belajar di rumah oleh Retno Asih, S.Pd
– Bermain musik dan seni kriya yang menyenangkan dirumah oleh Suparyanti
– Bermain musik yang nenyenangkan dirumah dan RPP selama pandemi Oleh Supraptinah
– Pengasuhan Positif dan DPA oleh Sri Budi Utami
– Bermain Sains dan Bahasa yang menyenangkan dirumah oleh Ika Kurniawati
– Etika Komunikasi melalui media Daring, tips penggunaan media daring oleh Arlin Astuti Widyaningrum, ST
Dalam pemaparan materi bimtek tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam masa pandemi ini diperlukan metode atau cara menilai perkembangan belajar anak usia dini selana berkegiatan dirumah.
Dalam penilaian perkembangan tersebut meliputi banyak bidang yaitu seni, nilai moral agama, sosial emosi, fisik motorik, kognitif dan bahasa

Dari aspek penilaian anak usia dini ini diharapkan mendapatkan informasi tentang perkembangan belajar anak untuk merancang program yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Sedangkan dalam pengasuhan anak diharapkan terjadi proses interaksi antara orang tua dan anak yang dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan sosial dimana anak dibesarkan.
Didalam pola pengasuhan anak ini nempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi anak dengan orang tua dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak serta strategi pengasuhan positip di rumah.
Pada bagian akhir, pengurus HIMPAUDI mengharapkan setelah kegiatan pengimbasan ini, bunda bunda Paud lebih mempunyai kepercayaan diri sehingga dapat melaksanakan apa yang dilakukan selama tatap muka daring. Bimtek ini merupakan bekal dalam menerapkan pendidikan Anak Usia Dini di era adaptasi kebiasaan baru

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*