Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota BPD Antar Waktu Desa Margokaton

Bertempat di Gedung Pertemuan Desa Margokaton, Kamis 15 Oktober 2020, dilakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pengesahan Anggota BPD Antar Waktu (PAW).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Dinas PMK Kabupaten Sleman, Panewu Kapanewon Seyegan dan Staf, Danramil, Kapolsek, Staf KUA, Anggota BPD dan Babinsa/Babinkantibmas Desa Margokaton.

 

Acara dibuka dengan nenyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Sleman :
– No. 64.3/Kep.KDH/A/2020
Tentang Pengesahan saudara Slamet Widodo sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Antar Waktu Margokaton Kapanewon Seyegan Periode 2020 – 2026
– No. 62.4/Kep. KDH/A/2020
Tentang Pengesahan Pemberhentian saudara Ir. H. Nurbandi sebagai Anggota BPD Margokaton
Kapanewon Seyegan Periode 2020 – 2026.

Acara dilanjutkan Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota BPD oleh Budi Pramono, SIP, M.Si, Panewu Seyegan atas nama Bupati Sleman dilanjutkan penanda-tanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah dan Pengesahan Surat Keputusan Bupati kepada Anggota BPD yang baru dan lama.
Sebagai puncak acara dilakukan Serah terima Jabatan BPD Margokaton dan Penanda-tanganan Berita Acara serah terima jabatan.
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Agung Indarto, SIP, M.Si Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa.
Dalam sambutannya, Agung mengingatkan tentang Hak dan Kewajiban Anggota BPD yang tertuang dalam Perda Kabupaten Sleman No. 13/2019. BPD mempunyai fungsi menelaah rencana pembangunan desa, menyerap dan menampung aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan kinerja dari Pemerintah Desa.
Lebih jauh, Agung juga menyampaikan bahwa sebagai lembaga kolektif-kolegial, BPD mendasarkan pada keputusan bersama pada :
– Ketentuan internal dipenuhi kelengkapannya (tata tertib)
– Siklus Tahunan Desa (pembahasan draft APBDES)
– APBD dengan penentuan RKP dan RAPBDes.

Sebagai akhir sambutannya, Agung juga berpesan kedudukan BPD sebagai mitra dari Kepala Desa, dalam melaksanakan tugasnya harus saling mendukung dan saling mengingatkan sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*