ROAD SHOW KETUA TP PKK KABUPATEN SLEMAN DALAM KEGIATAN “IBU MENYAPA” DI KECAMATAN SEYEGAN

Senin, 22 Juni 2020 dilaksanakan kegiatan kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo di Kecamatan Seyegan. Kegiatan yang bertajuk “Ibu Menyapa” ini dimulai dari Desa Margoluwih. Pukul 09.30 rombongan TP PKK Kabupaten Sleman yang didampingi dari Tim Teknis dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian tiba di Desa Margoluwih dan disambut oleh Bapak dan Ibu Budi Pramono selaku Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan Seyegan.

Kegiatan TP PKK Kabupaten Sleman kali ini adalah dalam rangka sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 19 tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu dan Sosialisasi Pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan produktif untuk ketahanan pangan keluarga.
Dalam pengarahannya, ibu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo selaku Ketua TP PKK Kabupaten Sleman menekankan betapa pentingnya kegiatan PKK yang diwadahi dalam pokja pokja PKK untuk penanggulangan wabah covid 19.
Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Sleman menjelaskan tentang peningkatan kegiatan gotong royong yang merupakan ciri khas masyarakat Indonesia untuk membantu masyarakat yang terdampak covid 19 (Pokja 1). Sedangkan Pokja 2 bidang Pendidikan dan Ekonomi diharapkan masyarakat lebih siap untuk tetap survive ditengah wabah dengan mem

unculkan ide ide kreatif untuk menjalankan perekonomian keluarga. Maraknya penjualan online merupakan salah satu strategi menopang ekonomi keluarga.

Lingkungan Bersih Sehat (LBS) yang merupakan kegiatan di Pokja 3, merupakan strategi untuk menghadapi pandemi dan epidemi penyakit yang ada di masyarakat. Seperti diketahui selain wabah corona ada sebagian wilayah di Kabupaten Sleman yang terjangkiti wabah Demam Berdarah. Untuk itu peningkatan LBS di masyarakat mutlak dilaksanakan.

Sedangkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan Pokja 4 digunakan untuk penanggulangan penyebaran wabah covid 19 karena relevan sekali dalam mendukung protokol kesehatan.
Dengan kegiatan yang ada dalam Pokja PKK diharapkan mampu mewadahi semua kepentingan untuk mengurangi penyebaran wabah covid 19.

Ibu Dra. Hj. Kustini juga berpesan untuk segera beraktifitas kembali untuk PKK Desa dan padukuhan mengingat dampak wabah corona sudah dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Dampak sosial, ekonomi dan kesehatan harus ditanggulangi secara bersama sama. Dengan Angka Ibu Hamil yang meningkat, angka KDRT yang tinggi, nantinya akan berujung pada angka kemiskinan yang neningkat pula.

Sebagai bekal kepada pengurus PKK dan Kader desa dan pedukuhan diberikan materi peran posyandu dalam penangan covid 19 dan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai lahan produktif oleh Tim Teknis.

Di akhir acara tak lupa Ketua TP PKK Kabupaten Sleman mengucapkan terima kasih kepada pengurus PKK Desa dan padukuhan dan secara simbolis diserahkan bantuan (masker, sabun cair, kaos tangan, bibit tanaman sayuran dan benih ikan) dan cendera mata (kain seragam/batik parijotho khas sleman) untuk Pengurus PKK Desa dan padukuhan serta kader.
Rombongan TP PKK Kabupaten Sleman meninggalkan desa Margoluwih untuk melanjutkan perjalanan di desa lain yaitu Desa Margodadi dilanjukan Desa Margomulyo terus ke Desa Margokaton dan diakhiri di Desa Margoagung dengan agenda yang sama

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*